Rupiah Pecahan Baru Belum Ada di Mesin ATM

"Penukaran langsung dilakukan di beberapa bank untuk transaski tunai"
Uang Pecahan Baru (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Bank Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat Puji Atmoko mengatakan pecahan rupiah baru Tahun Edaran 2016 belum bisa ada di mesin ATM di beberapa bank.

"Sekarang belum ada di ATM, penukaran langsung dilakukan di beberapa bank untuk transaski tunai," katanya pada KLIKPOSITIF.

Menurutnya penyebaran uang pecahan baru di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bisa dilakukan beberapa bulan ke depan, karena perlu ada penyesuaian pengaturan mesin dengan komposisi fisik uang pecahan baru tersebut.

"Sekarang belum bisa kita tetapkan jangka waktunya, namun untuk ini bisa kita lakukan hingga beberapa bulan ke depan, tergantung persediaannya juga," sebut Puji.

Ia menyebutkan saat ini penyebaran uang baru di Sumbar sudah mencapai Rp28 miliar hingga 10 Januari 2017, dari Rp40 miliar alokasi uang pecahan baru tersebut. "Sisanya ada Rp12 miliar lagi yang akan disebarkan ke masyarakat," ujarnya.

Menurutnya penyebaran uang baru ini selesai dilakukan hingga akhir tahun 2017 ini, karena sosialisasi bentuk fisik uang tidak ada ke lapisan masyarakat saja, namun dikakukan hingga ke tingkat perbankan.

"Sosialisasi bentuk fisik uang baru ini berhubungan dengan penyesuaian pengaturan mesin anjungan tunai. Tahun ini bisa penyebaran bisa selesai," pungkasnya.(*)