Lima Ribu Pasar Jokowi Bakal Saingi Mal

"Hal tersebut perlu dilakukan agar pasar bisa memiliki daya saing dengan pasar modern"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Yansen)

KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo berencana akan membangun 5 ribu pasar tradisonal di selulruh Indonesia sepanjang tahun 2017. Lima ribu pasar tersebut katannya bakal bersaing dengan Mal dan Supermarket.

Pembangunan 5 ribu pasar tersebut merupakan jumlah yang sangat banyak sebut Jokowi, namun hal tersebut perlu dilakukan agar pasar bisa memiliki daya saing dengan pasar modern.

"Pasar rakyat jangan sampia kalah siang dengan Mal dan supermarket. Saya tidak mau itu," katanya di Boyolali, Senin 30 Januari.

Menurutnya, transaski jual beli di pasar tradisional bisa mengalahkan popularitas pasar modern jika pedagang bisa lebih baik dari Mal dan Supermarket.

"Kalau bersih bisa mendatangkan pengunjung yang lebih banyak. Standarnya harus dirubah dari kondisi biasanya yang terkesan kumuh," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Ia juga menyebut, pasar tradisional tidak perlu dilengkapi dengan pendingin udara seperti layaknya supermarket. Ia yakin asal rapi, bersih, dan para penjualnya selalu ramah melayani maka pembeli akan datang.

"Konsumen itu memang harus menjadi raja, konsumen dimanapun," pungkas Jokowi.(*)