Jelang Ramadhan, Harga Cabai Merah di Padang Naik Tipis

"Harga cabai merah Rp24 ribu per-kilogram"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Harga cabai merah di pasaran Kota Padang naik tipis meski komoditas itu salah satu penyumbang angka deflasi pada bulan April lalu. Kenaikan di tingkat pedagang tersebut menyusul tren kenaikan jelang Ramadan.

"Saat ini harga cabai merah terhitung naik jika dibandingkan bulan Aprill lalu, namun kenaikannya tidak terlalu tinggi," kata salah seorang pedagang, Ronni pada KLIKPOSITIF.

Terpantau saat ini, harga cabai merah Rp24 ribu per-kilogram, atau naik Rp6 ribu dari sebelumnya, "Bulan lalu perkilonya Rp18 ribu perkilo," ujarnya. Sementara itu, harga cabai hijau malah tidak mengalami kenaikan sama sekali.

"Untuk cabai hijau masih Rp12 ribu per-kilogramnya, harga tersebut masih sama sejak April lalu," sebut Ronni.

Selain itu, untuk cabai rawit juga masih tetap, di pasar raya Padang, cabai rawit dijual Rp24 ribu per-kilogram. Kendati demikian, dengan harga tersebut, pedagang mengaku cukup kesulitan dengan penjualan cabai rawit.

"Penjualannya rendah, peminatnya tidak banyak. Cabai rawit ini mungkin akan terus naik jelang Ramadan ini," Sambung Ronni.

Ronni memprediksi, pada bulan Ramadan nanti, harga berbagai jenis cabai akan terus naik seperti tahun-tahun sebelumnya, namun ia menyebut kenaikan tersebut tidak akan terlalu tinggi.

"Paling kenaikan harganya hanya sampai Rp30 ribu per-kilogram, tidak akan tinggi seperti tahun lalu," pungkasnya kemudian.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, persentase penurunan harga kelompok bahan makanan sebesar -2,72 persen membuat Kota Padang mengalami Deflasi pada bulan April lalu. Persentase tersebut salah satunya dipengaruhi oleh tren harga cabai, dan bahan pangan lainnya.

[Halbert Chaniago]