Pemprov Sumbar Pastikan Harga Cabai Stabil Jelang Ramadan

"Kemungkinannya akan stabil dengan harga yang sekarang"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memastikan harga cabai menjelang Ramadhan akan tetap stabil pada angka Rp23 ribu hingga Rp24 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Barat, Asben Hendri mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bulog dan pedagang soal harga tersebut, ditambah lagi ia menyebut soal persediaan, stok cabai masih tergolong aman.

"Kemungkinannya akan stabil dengan harga yang sekarang," katanya pada KLIKPOSITIF.

Ia berharap pada bulan Ramadhan nanti tidak ada pihak yang membuat harga cabai melambung seperti tahun sebelumnya dan kestabilan harga tetap terjaga.

"Kami akan tetap berusaha semaksimal mungkin dan jangan sampai ada yang membuat harga cabai kembali melambung," lanjutnya.

Sebelumnya diketahui, harga cabai merah di pasaran Kota Padang naik tipis meski komoditas itu salah satu penyumbang angka deflasi pada bulan April lalu. Kenaikan di tingkat pedagang tersebut menyusul tren kenaikan jelang Ramadan.

Baca Juga : Jelang Ramadhan, Harga Cabai Merah di Padang Naik Tipis

"Saat ini harga cabai merah terhitung naik jika dibandingkan bulan Aprill lalu, namun kenaikannya tidak terlalu tinggi," sebut salah seorang pedagang, Ronni.

Terpantau saat ini, harga cabai merah Rp24 ribu per-kilogram, atau naik Rp6 ribu dari sebelumnya, "Bulan lalu perkilonya Rp18 ribu perkilo," ujarnya. Sementara itu, harga cabai hijau malah tidak mengalami kenaikan sama sekali.

"Untuk cabai hijau masih Rp12 ribu per-kilogramnya, harga tersebut masih sama sejak April lalu," sebut Ronni.

Selain itu, untuk cabai rawit juga masih tetap, di pasar raya Padang, cabai rawit dijual Rp24 ribu per-kilogram. Kendati demikian, dengan harga tersebut, pedagang mengaku cukup kesulitan dengan penjualan cabai ... Baca halaman selanjutnya