Ini yang Dilakukan Pemkab Pessel Atasi Lonjakan Harga Pangan Jelang Ramadan

"Kenaikan harga kebutuhan pokok, di daerah itu biasanya terjadi sepekan menjelang Ramadan"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sepekan menjelang bulan Ramadan 1438 Hijriah, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan akan mensiasati kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok, di daerah itu dengan operasi pasar.

"Rencana (operasi pasar) tanggal 22 Mei 2017 nanti, kita menggelar operasi pasar, di setiap pasar. Dalam hal ini, kita juga mengantisipasi masuknya barang-barang luar lokal, diantaranya untuk menekan kenaikan harga jelang Ramadan nanti," kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Firdaus, Rabu 17 Mei 2017 pada KLIKPOSITIF.

Menurutnya, sejumlah harga kebutuhan pokok di daerah itu, mulai dari komoditi beras, cabai, bawang, serta komoditi pokok lainnya masih dalam signifikan stabil.

"Mulai dari beras, daging ayam, daging sapi, telur ayam dan gula pasir juga masih stabil. Kita perkiran dari hasil pantauan dari sejak Januari 2017 lalu sampai saat ini cukup stabil," jelasnya.

Lanjutnya, untuk kenaikan harga kebutuhan pokok, di daerah itu biasanya terjadi sepekan menjelang Ramadan.

Hanya saja, kenaikan harga an itu tidak bertahan lama. Dalam prediksi, lonjakan harga terjadi hingga pertengahan Ramadan.

"Seterusnnya, akan kembali mengalami kenaikan sepekan menjelang lebaran. Setelah itu bertahan hingga akhir suasanan perayaan Idul Fitri," sebut Firdaus kemudian.

Berdasarkan data Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, harga kebutuhan pokok Rabu 17 Mei 2017 seperti, Bawang Merah terbilang menurun jika dibandingkan sehari sebelumnya dari Rp26 ribu per kilogram menjadi Rp24 ribu, cabai merah besar dari Rp30 ribu per kilogram menjadi 28 ribu dan ikan teri dari Rp80 ribu per kilogram menjadi Rp60 ribu.

Sementara harga yang masih sama dengan sehari sebelumnya diantaranya yakni beras medium Rp12,5 ribu per kilogram, daging sapi Rp130 ... Baca halaman selanjutnya