Pedagang Musiman Ramaikan Bukittinggi pada Malam Hari

"Pedagang musiman ini ditemui di banyak titik di Kota Bukittinggi"
Pedagang musiman di Jalan Minangkabau kawasan Pasa Ateh Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Jelang lebaran, puluhan pedagang musiman bermunculan di Pasa Ateh Bukittinggi. Para pedagang itu berkumpul di sepanjang Jalan Minangkabau untuk menjajakan pakaian di emperan toko.

Salah seorang diantaranya adalah Oshin, penjual pakaian anak-anak. Menurutnya, para pedagang banyak bermunculan sejak sepekan silam.

“Kan Lebaran sudah dekat, jadi saya memanfaatkan kesempatan ini,’’ sebutnya ketika ditemui KLIKPOSITIF, Sabtu 17 Juni 2017.

Menurut Oshin, hampir semua pedagang di sana, menjual barang dagangannya dengan sistem obral sehingga harganya relatif lebih murah.

‘’Kita hoyak sejak Magrib hingga tengah malam,’’ lanjutnya.

Pedagang lainnya, Dayat mengungkapkan, ia bersama pedagang lainnya sengaja memanfaatkan areal itu karena pertimbangan dekat dari kawasan Jam Gadang yang selalu ramai pengunjung.

‘’Untuk saat ini belum terlalu banyak jual beli, palingan setiap malam hanya laku setengah lusin. Biasanya puncak keramaian terjadi 3 hari jelang Lebaran,’’ sebut pedagang celana jeans ini.

Hampir setiap mendekati momen Lebaran, para pedagang dadakan selalu bermunculan di Kota Bukittinggi. Tak hanya di kawasan Pasa Ateh, pedagang musiman itu juga banyak ditemui di Bukittinggi pada malam hari, seperti di kawasan Stasiun, Jalan Sutan Syahrir kawasan Tarok, serta beberapa titik lainnya.

Dagangan yang ditawarkan cukup variatif dan terjangkau. Selain pedagang pakaian, juga ada muncul pedagang lainnya, seperti pedagang sandal dan sepatu, pedagang jam tangan serta pedagang lainnya.

[Hatta Rizal]