Penyuluhan Pajak Bertutur, DJP Sumbar-Jambi Datangi UNP

" Program ini juga untuk mengembangkan materi literasi pajak"
Penyuluhan Pajak Bertutur di Universitas Negeri Padang (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Direktorat Jenderal Pajak Sumbar-Jambi mendatangi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dalam rangka sosialisasi program Pajak Bertutur.

Program yang merupakan bentuk kerjasama DJP dengan Kemenristek Dikti ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan arti penting membayar pajak dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat muda untuk taat membayar pajak.

Dalam penyuluhan ini, DJP Sumbar-Jambi berinteraksi dengan ratusan mahasiswa yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di Kota Padang.

Selama penyuluhan, mahasiswa diberikan pemahaman serta penjelasan soal pengelolaan pajak serta edukasi soal pajak sebagai tombak pendapatan negara. Kepala Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi, Aim Nursalim Saleh mengatakan program ini dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

"Untuk kantor wilayah Sumbar-Jambi penyuluhan ini melibatkan sekitar 4.200 peserta didik mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi," katanya.

Menurutnya tujuan besar dari program ini sebutnya adalah perubahan perilaku masyarakat dalam membayar pajak melalui penanaman nilai-nilai positif pajak kepada masyarakat sejak dini.

"Selain itu program ini juga untuk mengembangkan materi literasi pajak termasuk bahan ajar yang bisa disampaikan pada peserta didik," jelas Aim.

Dalam penyuluhan, DJP Sumbar-Jambi mencoba berinteraksi lebih dalam terkait pemahaman soal pajak. Selama interaksi Aim menilai ternyata memang peserta didik atau pelajar-mahasiswa memang masih memiliki pengetahuan yang minim soal pajak.

"Diharapkan dari penyuluhan ini peserta didik bisa mengedukasi masyarakat tentang pajak, sehingga pendapatan negara dari sektor pajak bisa meningkat," pungkas Aim kemudian.(*)