Penerimaan Pajak Negara Hingga Juli 2017 Hanya 46 Persen

"Jumlah tersebut terbilang masih rendah"
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Direktorat Jenderal Pajak merilis, persentase penerimaan pajak negara pada bulan Juli 2017 lalu hanya 46,8% atau dengan nominal Rp601,1 triliun.

Jumlah tersebut terbilang masih rendah jika dihitung dari target nggaran pendapatan dan belanja negara perubahan (APBNP) tahun anggaran 2017 yang sebesar Rp 1.283,6 triliun.

"Namun begitu realisasi penerimaan perpajakan hingga Juli 2017 lebih tinggi 12,4% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya," kata Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), Yon Arsal.

Ia menyebutkan, penerimaan pajak tersebut sudah termasuk PPh Migas, di luar itu realiasai pajak sebesar Rp569,4 triliun atau 45,9% dari target APBNP 2017 dengan pertumbuhan 10,3% (yoy).

Sedangkan kata Yon, penerimaan PPh non migas sendiri sebesar Rp 336,1 triliun atau 45,3% dari target APBNP 2017 dengan pertumbuhan 8,7% (yoy). Sedangkan penerimaan PPN dan PPnBM sebesar Rp 228,7 triliun atau 48,1% dari target APBNP tahun ini dengan pertumbuhan 13,4% (yoy).

"Jumlah ini perlu ditingkatkan lagi, kami di Ditjen pajak akan menjalankan strategi yang telah ditetapkan dalam UU APBN," tutur dia kemudian.

Terkait dengan rendahnya penerimaan pajak tersebut, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumbar-Jambi, Aim Nursalim Saleh menilai disebabkan oleh persoalan sosialisasi dan administrasi.

"Setelah kami melakukan survey, ternyata persoalan sosialisasi dan administrasi menjadi kendala terbesar dalam penerimaan pajak. Masih banyak masyarakat yang tidak tahu fungsi pajak ini seperti apa dan enggan mengurus administrasi pembayaran pajak yang dianggap rumit," jelas Aim.

Kendati demikian, Ditjen Pajak bersama Kemenristek Dikti melakukan penyuluhan tentang pajak ke kalangan pelajar di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal membayar pajak.

"Cara ini cukup efektif dan kami ... Baca halaman selanjutnya