Industri Fesyen Tanah Air Harus "Melenggang" di Pasar Internasional

"Keunggulan Indonesia yang telah dicapai, antara lain sebagai eksportir pakaian jadi terbesar ke-14 di dunia dan ke-3 di ASEAN dengan nilai ekspor mencapai USD7,1 miliar pada tahun 2016"
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Eddy Siswanto menyampaikan, pihaknya akan memfasilitasi pelaku industri fesyen dalam negeri untuk “melenggang” di tingkat internasional.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengikut sertakan sembilan produk pakaian lokal ternama pada ajang Collection Premier Moscow (CPM) di Expocenter Fairground, Moskow.

“Kesembilan label produk yang akan tampil, yaitu Kabana by Itang Yunasz, Dian Pelangi, Kasha by Sjully Darsono, Devyros, Ekuator, Warnatasku, Kalyana Indonesia, Huraira dan Teha Bags. Fesyen trade show tersebut berlangsung pada 30 Agustus-2 September 2017,” katannya di Jakarta, seperti dikutip dari laman Kememenperin, Rabu (23/8).

Ia menambahkan, sekitar 1000 fesyen brands bakal berpartisipasi dalam acara yang dihadiri lebih dari 22.600 pembeli potensial dari 27 negara. Tahun 2017, kali kedua Kemenperin memfasilitasi promosi pada pameran tersebut.

Tahun 2016, area Paviliun Indonesia seluas 54 meter per segi di hall CPM Premium, sedangkan tahun ini dengan mengusung tema The Heart of Fesyen Craft akan menempati area 62 meter per segi. “Partisipasi ini untuk memperkenalkan industri fesyen Indonesia dengan fesyen craft-nya yang mampu menembus pasar internasional,” ujarnya.

Sebab itu, Kemenperin berharap para pelaku industri fesyen tanah air tidak lagi hanya berkutat sebagai pemain lokal, melainkan juga membangun kapasitas untuk bersaing secara global guna mewujudkan visi Indonesia sebagai salah satu pusat mode dunia dalam satu dekade ke depan.

Eddy mengungkapkan, keunikan industri fesyen Indonesia ada pada kekayaan seni budaya yang tertuang dalam berbagai kain tradisionalnya. “Berbicara tentang fesyen Indonesia, maka pasar akan berkenalan dengan fesyen craft, yaitu produk fesyen yang diperkaya dengan nilai seni pekerjaan tangan,” paparnya.

Kekhasan lokal itu ... Baca halaman selanjutnya