Tiga Desa di Kabupaten Solok Belum Terima Dana Desa 2017

"Keterlambatan pengucuran dana desa tersebut disebabkan karena adanya persyaratan administrasi yang masih juga belum diselesaikan oleh pejabat desa"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 3 nagari (desa adat) yang ada di Kabupaten Solok hingga saat ini belum dapat menerima kucuran dana desa tahun 2017.

Tiga nagari tersebut yakni Nagari Sungai Jambur Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Nagari Saok aweh Kecamatan Kubung dan Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singkarak.

Keterlambatan pengucuran dana desa tersebut disebabkan karena adanya persyaratan administrasi yang masih juga belum diselesaikan oleh pejabat desa.

"Saat ini ada 3 nagari ini lagi yang belum menerima dana desa, sisanya sudah," kata Kepala DPMN Kabupaten Solok, Medison, Kamis 24 Agustus 2017.

Ia menyebutkan, untuk Nagari Sungai Jambu hingga saat ini Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Nagari tersebut belum disepakati bersama dengan Badan Musyawarah Nagari (BMN).

Sementara dua desa lainnya yakni Nagari Aripan dan Nagari Saok laweh, hingga saat ini masih belum selesai laporan penggunaan dana desa tahun lalu.

"Untuk Nagari Sungai Jambu saat ini masih di fasilitasi oleh pihak kecamatan dan Kabupaten, sementara 2 nagari lainnya sedang didampingi perbaikan laporannya," papar dia.

Menurutnya, penyaluran dana desa sendiri dibagi menjadi dua tahap dari kas pemerintah pusat ke daerah, sementara dari kaas daerah ke Nagari juga disalurkan dengan 2 tahap.

"Untuk tahap pertama dari pemerintah pusat sudah disalurkan sebanyak 60 persen dari dana desa yang dianggarkan untuk kabupaten Solok," jelas Madison.

Kabupaten Solok terbilang cepat dalam pencairan tahap pertama, bulan april alokasi tahap pertama sebanyak 60 persen sudah disalurkan ke khas daerah dan telah disalurkan ke 71 Nagari yang tidak bermasalah.

"Sebanyak 50 persen dana desa dari 60 persen tahap awal yang sudah dialokasikan ke daerah dan nagari harus sudah terserap. Diharapkan, Agustus ini atau paling lambat Septermber alokasi dana desa tahapan kedua telah masuk ke khas daerah kabupaten Solok," sebutnya.

Secara ... Baca halaman selanjutnya