Sumatera Barat Punya Potensi Energi Laut Terbesar di Dunia?

"Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)"
Ilustrasi OTEC (Net)

KLIKPOSITIF -- Provinsi Sumatera Barat disebut sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi energi laut atau yang disebut dengan Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC).

Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ediar Usman.

Ia mengatakan, di Indonesia potensi OTEC tersebut tersebar di 17 lokasi dari dari pantai barat Sumatera, selatan Jawa, Sulawesi, Maluku Utara, Bali, dan NTT, yang diprediksi sekitar 41 GW.

"Potensi yang tersebar di 17 lokasi merupakan yang terbesar di dunia," katanya dalam sebuah rilis.

Ediar menjelaskan, OTEC merupakan bagian dari energi baru terbarukan yang bersumber dari perbedaan temperatur air laut yang mudah ditemukan pada perairan laut tropis.

"OTEC akan kita kembangkan sebagai upaya pengembangan energi baru terbarukan untuk mendukung ketahanan energi nasional," ucapnya.

Menurut Ediar, potensi energi panas laut di seluruh perairan Indonesia secara total diprediksi menghasilkan daya sekitar 240 Gigawatt (GW).

Energi ini akan menghasilkan listrik dan air murni akibat penguapan air laut. Pemanfaatan OTEC akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar di bidang perikanan karena akan memberikan nutrisi pada biota laut di permukaan laut.(*)